Senin, 15 Oktober 2012

Cara Mencuci dan Merawat Cat Kendaraan

Anda termasuk salah satu penggila motor?, Tentunya motor Anda ingin selalu tampil kinclong dan menarik perhatian karena begitu menyilaukannya.

Name:  Cara Mencuci Motor dan Merawat Cat Motor.jpg
Views: 5123
Size:  75.2 KB



Salah satu faktor yang paling besar dalam menimbulkan baret halus (swirl mark) adalah kesalahan saat mencuci, jadi jangan anggap remeh saat mencuci motor Anda, jangan asal dalam memilih bahan dan alat yang dipergunakan.



  1. Sabun
    Shampoo mobil/motor adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek, sabun cuci baju, dll) untuk mencuci bagian body motor, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motor kita.
    Memang shampo motor/mobil terbilang mahal, namun yang penting jangka panjangnya cat motor kita akan terawat terus. 
    Untuk bagian lain seperti shock, ban, blok mesin, dan bagian lain yg bukan merupakan bagian dari cat utama. Boleh saja menggunakan sabun detergent untuk membersihkannya.
  2. Alat untuk mencuci
    Gunakan bahan yang lembut dan tidak membuat cat baret, seperti gunakan salah satu jenis applicator ini: grout sponge, sea sponge, wash mitt, lambs wool, dan jangan gunakan busa jok atau busa lainnya yang berpori kasar dan kecil-kecil. Karena jenis busa ini cenderung kasar dan menahan pasir (bukan memerangkap pasir di dalamnya), cari yang porinya besar-besar sehingga kemungkinan terjadinya baret halus (swirl mark) lebih kecil, karena pasir yg tertinggal di body akan terperangkap di dalam pori bahan tersebut.
  3. Sediakan dua ember
    Ini yang perlu diperhatikan siapkan dua buah ember. Yang satu berisi shampoo yg sudah tercampur air, dan yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.

Setelah alat dan bahan siap mulailah si kuda mesin dimandikan.


Semprot dengan air ke seluruh bagian motor, sampai kalian yakin kalau kotoran dan debu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampoo yang ada di ember 1, dimulai dari bagian atas dulu, dan ingat sebelum pindah ke bagian yang lain masukkan dulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, usapkan ke body hingga sisa kotoran dan shampoo turun, baru ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah benar-benar bersih. Semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabun hilang dan benar-benar bersih.


Saatnya pengeringan :


Keringkan sampai ke bagian celah-celah motor dan usahakan supaya lap tersebut terus dibilas, sehingga tetap bersih. Jangan tinggalkan bercak air sedikitpun, karena bercak air yg tertinggal berpotensi untuk menciptakan bekas noda air (water spot) yang nantinya cukup susah untuk menghilangkannya.


Cara Merawat Cat Setelah dicuci

Setelah kering dan bersih. Biasanya kita kan asal langsung poles dengan pengkilap cat, sebenernya ada langkah-langkahnya loh, dan kalau di praktekkan motor yang tadinya kusam dan butek, akan berubah seperti awal keluar dari pabrik.


1.Lakukan Claying


Tujuannya untuk mengangkat kotoran-kotoran yang sudah lama nempel di body motor yang tidak hilang dengan shampo motor, seperti bekas aspal, dan kerak-kerak stiker, dll. Tujuan utamanya ialah menyegarkan dan menghaluskan kembali cat motor kita.


Kapan kita harus men'clay' motor kita terlebih dahulu?Coba raba dengan tangan kita (atau bisa juga kita masukan tangan kita ke dalam kantong plastik dan coba raba body motor kita dengan tangan yang sudah terbungkus plastik tersebut), kalau kerasa kasar, berarti motor kita butuh nih treatment ini.Clay ini bentuknya mirip kaya lilin yang buat mainan anak-anak itu. Caranya, gosok clay ini disekujur cat motor dengan dioleskan dulu menggunakan quik detailer (nanti kita bahas lagi apa sih quick detailer/QD). Dan gosok secara merata kesluruh bagian body, lalu lap dengan menggunakan lap Microfiber/MF yang berkualitas.Setelah itu coba raba lagi, pasti halus dan tidak lagi kasar-kasar yang tadi.

2. Lakukan Cleaning 


Tujuannya untuk menghilangkan bekas noda/wax dahulu yang pernah kita gunakan, dan  meminimalkan/ bahkan menghilangkan baret halus (swirl mark) yang ada di body Anda.












3. Lakukan Polishing


Bertujuan untuk menghidupkan kembali warna cat kita. Walau motor Anda barupun coba lakukan tahap ini dijamin warna cat akan benar-benar hidup












4.Lakukan Waxing

Tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV di cat motor kita setelah semua     tahapan di atas tadi. Cari yang terdapat kandungan pure carnaubanya (dibuat dari bahan alam), cuman biasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sinar matahari. Kalau kalian mau yang awet kinclongnya ? cari yang berbahan sintesis (biasa dikenal dengan Sealent product), terbuat dari kimia sehingga lebih tahan terhadap cuaca. cuman untuk kinclongnya sih lebih yang bahan alami.








5. Lakukan Maintaining

Setelah semua proses tersebut dilakuakn, pastinya kita mau awetkan itulah dilakukan perawatan cat. Dan bagaimana cara perawatannya? Bisa dengan waxing motor 2 minggu sekali, kalau mau lebih bagus lagi bisa juga disemprotkan quik detailer setiap kita abis nyuci, step ini yang paling sering saya lakukan untuk mempertahankan hasil dari semuanya.

Setelah 5 step ini dilakukan dengan benar, diharapkan cat body kalian akan terlihat lebih deep, wetlook, dan slick setiap harinya.


Yang perlu diingat dari semua proses ini adalah :

  • Jangan pernah mencampur campur produk ini dalam satu media yang sama. jadi buat cleaning alatnya sendiri, buat polishing sendiri, buat waxing juga sendiri.
  • Gunakan lap yang terbuat dari bahan Microfiber, emang sih agak mahal, cuman yakin deh hasilnya bakal lebih bagus, gak bikin baret, dan lebih tahan lama karena bisa dicuci berkali kali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tolong Komentar Yang Berhubungan dengan Artikel yang ada ..
Terima Kasih ..