Selasa, 01 Januari 2013

6 Perawatan Ekstra Untuk Skutik

6 Perawatan Ekstra Untuk Skutik 



 Mesin skuter matik sama dengan mesin sepeda motor pada umumnya. Yang membedakannya adalah teknologi dan cara kerja transmisinya, skutik mengaplikasi transmisi otomatis (CVT).Meski mengaplikasi teknologi transmisi otomatis, skutik pun butuh perawatan ekstra, di antaranya dengan cara sebagai berikut :

1. Choke

6 Perawatan Ekstra Untuk SkutikSebelum motor dijalankan, panaskan mesin terlebih dahulu dengan menggunakan choke. Tapi beberapa skuter matic saat ini sudah menggunakan choke otomatis. Biarkan mesin hidup maksimal 5 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.
Tapi bagi skuter matic yang masih menggunakan choke manual bisa tarik tuasnya secara penuh. Dan biarkan mesin hidup selama sekitar 30 detik kemudian mulai turunkan perlahan dan bertahap tuas choke.
Namun jika mesin mudah dihidupkan tanpa bantuan choke akan lebih baik. Jadi Anda hanya perlu membiarkan mesin hidup sekitar minimal 3 menit dan maksimal 5 menit. 

2. Busi dan Accu




6 Perawatan Ekstra Untuk Skutik
 Cek kondisi busi dan aki secara teratur. Peran busi dan aki sangatlah penting, karena motor matik merupakan motor full DC.
 







3. V-Belt

6 Perawatan Ekstra Untuk SkutikKondisi V-Belt dan roller juga harus selalu dicek. V-Belt yang letaknya di samping roda, sebaiknya rutin diservice tiap 10.000 km dan diganti tiap 25.000 km.







4. CVT

6 Perawatan Ekstra Untuk SkutikBersihkan ruang transmisi secara berkala tiap 4000 km, karena komponen CVT yang terdapat pada ruang transmisi sangat rentan debu dan kotoran lainnya.







5. Oli Gear

6 Perawatan Ekstra Untuk Skutik Lakukan penggantian gear oil setiap 5000 km atau sesuai dengan petunjuk penggunaan kendaraan. Gunakan pelumas atau oli transmisi khusus matik.







6. Oli Mesin


6 Perawatan Ekstra Untuk SkutikFungsi oli sebagai pelumas komponen-komponen mesin juga harus diperhatikan. Ganti oli secara berkala tiap 1.000 km, dengan menggunakan oli khusus motor matik, bukan sembarang oli.
Pelumas khusus matik mampu mengakomodir dan bekerja secara maksimal ke seluruh permukaan komponen yang ada di dalam mesin skutik. Serta mampu mengurangi gesekan dan oksidasi yang terjadi dalam mesin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Komentar Yang Berhubungan dengan Artikel yang ada ..
Terima Kasih ..