Selasa, 04 Desember 2012

10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki Kendaran


10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki Kendaraan


Menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi sehari-hari memang menjadi suatu hal mudah. Tapi untuk menghadapi dan memahami berbagai masalah kendaraan yang kerap terjadi tidak semua orang bisa.
Tapi ada pemahaman dasar tentang kendaraan paling tidak harus diketahui setiap pengendara baik pria maupun wanita. Sehingga dengan memahami hal-hal dasar tentang otomotif sejak awal memiliki kendaraan, masalah sepele tidak harus ke bengkel bukan?
Dengan pemahaman dasar ini sekiranya dapat berguna pula saat hadapi musim hujan. Sebab dengan musim hujan, tak jarang juga tindakan yang salah bisa menyebabkan kendaraan menjadi mogok di tengah jalan.
Pelajaran penting apa saja yang harus diketahui saat pertama memiliki kendaraan? Sebab pentingnya pemahaman ini sama halnya memahami kondisi tubuh pada manusia.

1. Manual Book


10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki Kendaraan
Setiap kendaraan memiliki konsep pemahaman berbeda-beda. Sama halnya setiap manusia satu dengan yang lain akan memiliki perbedaan. Begitu pula dengan kendaraan, untuk itu setiap pembelian kendaraan baru akan selalu mendapat manual book.
Kunci utama dan pertama dalam memahami kendaraan ada dalam buku ini. Tak jarang orang membeli kendaraan, manual book ini tidak pernah dibuka sama sekali.


2. Filter Udara
 
10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki KendaraanJika buku manual sudah dipelajari, Anda harus mengetahui secara benar lokasi filter udara pada kendaraan. Kemudian juga ketahui juga lubang saluran filter tersebut dengan benar.
Filter udara pada kendaraan sama halnya dengan hidung manusia. Dengan memahami filter udara dengan benar maka Anda tentu tidak akan sembarangan memodifikasi part ini. Udara semakin bersih yang masuk ke ruang bakar, maka kesehatan kendaraan juga bisa terjaga.
Hal kedua yang bisa dipahami dari filter udara adalah posisi lubang saluran. Karena saat menerjang banjir dikala hujan, yang harus diingat adalah tinggi dari lubang filter udara tersebut. Dengan demikian Anda bisa waspada terhadap ketinggian genangan air saat banjir dan tidak membiarkan air masuk ke dalamnya.

3. Kelistrikan

Sistem kelistrikan kendaraan bisa diibaratkan sistem jaringan otot dan syaraf-syaraf penting. Sebuah kendaraan juga memiliki sebuah otak atau dikenal dengan ECU (Engine Control Unit) atau juga CDI.
Dan penghubung ke setiap sistem pada kendaraan menggunakan jaringan kabel (sama halnya dengan syaraf pada manusia). Kinerjanya dengan dukungan arus listrik dari baterai/Accu dan juga dinamo.
Perihal kelistrikan kendaraan merupakan hal paling sulit. Jadi dalam pemahaman dasar yang harus diketahui adalah agar selalu menjaga kesehatan sumber listrik yaitu Accu/Aki.
Yang kedua adalah menjaga karet-karet pelindung sistem lampu, jangan ada kabel terkelupas dan juga karet pelindung busi.

4. Pengapian 

10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki Kendaraan
Sistem pengapian kendaraanbermesin bensin mengandalkan busi sebagai pematik campuran bahan bakar dengan udara dalam ruang bakar. 
Sebab pengapian yang buruk bisa timbulkan berbagai penyakit timbul pada kendaraan. Dari kendaraan menjadi boros bahan bakar, banyak tumpukan lemak alis kerak pada mesin. Berhubungan dengan sistem kelistrikan sebelumnya busi tentunya harus mendapat arus listrik yang sesuai dan tidak lemah.
Jika arus listrik tidak dijaga dan tidak stabil kesehatan mesin dan menjadi boros sudah bisa dipastikan terjadi. Jika hal ini diteruskan hingga Aki lemah dan tidak lagi bisa menyimpan arus listrik maka kendaraan bisa mogok dimana saja dan kapan saja.

5. Mesin Karburator

 Karburator hadir sebagai perangkat yang mensuplay bahan bakar ke mesin dalam jumlah yang tepat dan sesuai dengan udara yang ditekan melalui mesin oleh tekanan atmosfir. Dengan sistem kerja mekanis, maka biaya dari mesin karburator hampir lima kali lebih murah daripada mesin sistem injeksi bahan bakar elektronik.
Keuntungan dari mesin karburator adalah bahwa sistem karburator itu tidak dibatasi oleh berapa banyaknya bensin yang dipompa dari tangki bahan bakar. Atau dengan kata lain, upaya modifikasi dalam meningkatkan daya mesin dari banyaknya pasokan BBM sangat mudah dilakukan.
Keuntungan kedua penggunaan karburator adalah tidak terlalu rewel dalam penggunaan bahan bakar baik beroktan tinggi atau rendah sekalipun. Mengingat sistem kerjanya hanya mengkabutkan BBM secara mekanis dan mudah dalam melakukan pengaturan banyaknya jumlah BBM yang hendak dikeluarkan ke ruang bakar.

6. Mesin Injeksi


10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki Kendaraan
Dengan penggunaan teknologi mesin injeksi, penggunaan bahan bakar tentu lebih lebih efisien. Output daya juga bisa jadi lebih tinggi dan yang terpenting emisi gas buangnya lebih rendah sehingga lebih ramah lingkungan.
Teknologi injeksi juga ada yang bernama Port Fuel Injection, perangkat ini mungkin tipe yang paling umum dari sistem injeksi bahan bakar yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Bahan Bakar disuntikkan pada setiap pengambilan port, biasanya terletak di kepala silinder dan intake manifold.
Desain yang melekat dari jenis sistem injeksi bahan bakar memungkinkan untuk lebih sedikit fleksibilitas dalam desain intake-manifold. Sehingga membuat pernafasan mesin membaik, dalam hal ini memungkinkan untuk modifikasi dengan perangkat turbo untuk menghasilkan tenaga lebih besar.
Teknologi injeksi selanjutnya ada Throttle Body Injection, di mana teknologi ini yang paling sering digunakan dalam desain untuk mesin karburator pada umumnya. Nosel injektor yang menyuntikkan bahan bakar berada di atas klep throttle. Campuran bahan bakar dan udara kemudian dibawa melalui saluran intake ke ruang pembakaran.

7. Bahan Bakar

10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki KendaraanKemudian yang menjadi hal terpenting saat pertama kali memiliki kendaraan adalah jenis bahan bakar apa yang sehat untuk kendaraan. Untuk itu perlunya mengetahui besar kecil kompresi mesin dari manual book tentunya.
Semakin tinggi kompresi mesin, maka semakin tinggi pula tuntutan penggunaan kadar oktan pada bahan bakar. Tidak menggunakan bahan bakar yang sehat seperti ketentuan akan menjadikan umur mesin lebih pendek. Yang harus diingat adalah bahan bakar kendaraan sama dengan asupan gizi pada manusia.

8. Transmisi

10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki Kendaraan

Sistem transmisi kendaraan pada dasarnya terdiri dari manual, semi-otomatis dan otomatis. Untuk jenis semi-otomatis saat ini paling banyak dipergunakan sepeda motor bebek.
Untuk sistem transmisi kendaraan juga perlu sedikit perhatian jika tidak ingin efek bahan bakar boros juga terjadi. Sistem transmisi juga berhubungan dengan sistem penggerak roda.
Untuk memahami sistem ini tidak harus membongkar gearbox segala, karena hal itu tentu harus memiliki bekal teknik otomotif dahulu. Tapi untuk perawatan dan harus diperhatikan adalah rutin mengganti cairan pelumas/oli.
Selain itu juga perhatikan kanvas kopling. Jika terasa gejala perpindahan gigi berat dan kasar, sebagainya segera bawa ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sistem transmisi CVT Motor Matic
Untuk sepeda motor yang juga harus diperhatikan juga rantai penggerak roda, lalu untuk motor matic adalah V-Belt. Tingkat ketegangan part ini harus dijaga agar tidak terlalu keras maupun longgar.
Jika terlalu keras maka risiko patah bisa terjadi pada saat motor menerima beban terlalu berat. Jika terlalu longgar juga akan bisa menyebabkan slip atau juga keluar jalur gear.
Kemudian untuk mobil yang harus ikut diperhatikan adalah gardan. Dalam sistem penggerak, gardan juga punya peranan penting. Oli yang tidak pernah dicek dan diganti secara berkala bisa sebabkan gigi pada gardan aus. Kondisi gardan yang kurang baik atau tidak terawat juga bisa pengaruhi borosnya konsumsi BBM. Semakin berat putaran gigi gardan karena kualitas oli jelek, bisa dipastikan menjadi beban mesin.

9.  Rem


10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki Kendaraan
Sistem Rem pada mobil maupun sepeda motor saat ini hanya tersedia dua jenis yaitu cakram dan tromol. Untuk hasil pengereman lebih baik, perawatan mudah dan harga kanvan murah, Rem cakram menjadi jawabannya. Namun untuk satu set rem cakram menjadi lebih mahal ketimbang tromol.
Sistem rem selalu menggunakan media gaya tekan dari cairan atau dikenal dengan minyak rem. Baik jenis cakram dan tromol yang harus diperhatikan adalah jumlah minyak rem tidak boleh kurang dari batas yang tertera dalam tempat penampungan.
Yang kedua yang wajib diperhatikan adalah karet-karet pelindung agar minyak rek tidak bocor. Untuk mengetahui letak karet penutup atau pelindung ini juga kembali pada manual book.  

10. Ban


10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki Kendaraan
Setiap kendaraan keluaran pabrik memiliki standar ukuran ban yang bisa berbeda-beda. Kemudian jika memodifikasi dengan tapak ban yang lebih besar dengan menggunakan velg standar sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak bengkel atau juga dealer.
Kemudian yang juga harus diperhatikan adalah tekanan angin pada ban. Jika menggunakan pompa angin biasa akan memiliki tekanan udara dalam ban yang kurang stabil. Untuk kestabilan tekanan udara pada ban sebaik menggunakan jenis nitrogen yang sudah banyak beredar di setiap SPBU pertamina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Komentar Yang Berhubungan dengan Artikel yang ada ..
Terima Kasih ..